Ritual Sakral, Wisatawan Dilarang Masuk Kawasan Baduy Dalam

Pekan ini kamu punya rencana liburan ke Baduy dalam? Tahan dulu, pasalnya mulai hari ini Suku Baduy akan melaksanakan ritual sakral.

Larangan wisatawan ini dilakukan lantaran masyrakat Baduy dalam akan melangsungkan Ritual Kawalu sehingga tertutup bagi masyarakat yang berasal dari luar.

Larangan ini juga dimuat dalam keputusan adat Nomor 141.01/13-Ds.Kan-200I/2021, tertanggal 13 Februari 2021 yang ditandatangani Kepala Desa Kanekes.

Apasih Ritual Kawalu?

Ritual Kawalu adalah ritual tahunan masyarakat Baduy dalam, ritual ini dilakukan karena memasuki bulan kawalu atau bulan larangan. jadi warga asli suku Baduy, dalam kurun waktu 3 Bulan kedepan tidak mengijinkan wisatawan untuk berkunjung.

Selama 3 Bulan tersebut suku Baduy akan tersebar di Cibeo, Cikawartana, dan Cikeusik. warga Baduy dalam akan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa meminta keselamatan bangsa dan negara yang aman, damai, sejahtera dan dijauhkan dari segala bencana. Selain itu, warga Baduy juga akan mendo’akan agar Indonesia segera terbebas dari wabah Corona.

Budaya ritual kawalu ini sudah ada sejak nenek moyang suku Baduy dan masih terus di lestarikan setiap tahunnya. Ritual dimulai dari hari ini, 13 Februari 2021 dan berakhir pada tanggal 14 Mei 2021 atau sekitar 3 Bulanan.

Konon katanya, jika ritual kawalu ini ditinggalkan, akan menimbulkan bencana bagi masyarakat Baduy.

Selama ritual ini berlangsung kondisi kampung Baduy dalam akan sepi dan warganya lebih memilih tinggal di rumah-rumah untuk menjalani puasa dan do’a khusyuk penuh kesederhanaan khas-Nya.

Baca Juga Bro!  Daftar Lengkap Pegunungan Yang Ada di Provinsi Banten

Topic:

Just For You