Taman Nasional Ujung Kulon, Serpihan Surga Tersembunyi

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu saat mendengar kalimat ujung kulon? Benar sekali, ujung kulon adalah bahasa daerah jawa yang jika dialih bahasakan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti ujung barat. Sama seperti namanya, Taman nasional ujung kulon berada tepat di wilayah barat Banten, dengan luas wilayah 78.956 Hektar daratan dan 44.000 Hektar laut tepatnya berada di kecamatan Sumur dan kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang-Banten .

Memiliki hutan lindung yang sangat asri dan lagi sebagai rumah bagi binatang iconic Banten, badak cula satu, menjadikan wilayah ini syarat akan kekhususannya hingga di tetapkan sebagai Taman Nasional yang kini di kenal dengan sebutan TNUK Banten atau Taman Nasional Ujung Kulon Banten.

FYI. Spesies Badak ini (cula satu) di dunia tidak lebih dari 70 ekor, dan 60 ekor diantaranya hidup bahagia di taman ini. 🙂

Ngulik soal taman nasional, adakah yang bertanya kenapa travelingbanten.com ngurusin pelestarian lingkungan? Hal ini bukan karena ujung kulon penting dari sisi pelestarian alamnya saja guys!

Andai semua traveler tau, bahwa ujung kulon adalah tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Eksotime alamnya, pulau-pulau yang ada di sekitarnya, membuat taman nasional ujung kulon jadi pilihan tepat bagi sesiapa yang ingin melihat serpihan surga.

Kilas Balik Ujung Kulon

Pada tahun 1846 seorang ahli Botani asal Jerman, F. Junghun adalah orang pertama yang mengenalkan ujung kulon kepada dunia. Meskipun ujung kulon tersapu bersih akibat letusan gunung krakatau pada tahun 1883 diketahui ekosistem vegetasi di ujung kulon tumbuh dengan cepat.

Baca Juga Bro!  Inilah Beberapa Tempat Terbaik Destinasi Wisata di Banten

Hal ini berimbas di tetapkannya ujung kulon sebagai taman nasional pada tahun 1992 melalui keputusan mentri kehutanan no. 284/KPTS-II/1992.

Pada tahun yang sama, ujung kulon ditetapkan sebagai Natural World Heritage Site oleh komisi warisan dunia UNESCO.

BACA JUGA BRO! Destinasi Wisata Terbaik di Banten

Di taman ini flora dan fauna berkembang dengan baik, berbagai jenis satwa endemik yang sangat perlu dilindungi adalah Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing Hutan.

Rute Taman Nasional Ujung Kulon

Bagi pribumi maupun wisatawan luar daerahyang ingin berkunjung ke tempat ini bisa memulai patokan dari Kota Serang menempuh perjalanan kurang lebih 2-3 jam baik untuk roda dua maupun roda empat.

Bagi traveler yang lebih suka menaiki kendaraan umum, bisa menyusuri jalan antar provinsi menuju arah kabupaten Pandeglang kecamatan Sumur.

Topic:

Just For You